-->

ads

Wajib Tahu,5 Makanan yang Dapat Membuat Bayi Pintar Sejak dalam Kandungan

Sebagai seorang ibu hamil, kamu harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung nutrisi yang penting bagi kecerdasan sang bayi. Berikut ini merupakan lima makanan dengan kandungan nutrisi yang berperan bagi kecerdasan sang bayi.



1. Suplemen prenatal asam folat





Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat sangat penting bagi kecerdasan sang janin. Asam folat adalah nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Berdasarkan temuan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat 4 minggu sebelum kehamilan dan 8 minggu setelah kehamilan memiliki 40% kemungkinan terhindar dari autis. Sumber terbaik dari asam folat adalah sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kubis.

2. Makanan kaya omega-3





Asam lemak omega-3 sangat penting karena berperan dalam pembentukan neuron. Neuron adalah saraf yang mengirimkan impuls listrik ke otak dan pesan ke organ tubuh lainnya. Kamu bisa mendapatkan kandungan omega-3 dari berbagai jenis ikan, telur, wallnut, daging merah, bayam, tahu, dan kacang-kacangan.

3. Buah dan sayuran





Anatioksidan adalah nutrisi yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak calon bayi kamu. Antioksidan banyak terdapat dalam sayur dan buah seperti pepaya, sayuran berdaun hijau tua, tomat, dan buah berri. Pastikan buah dan sayuran dalam kondisi bersih sebelum kamu mengonsumsinya.

4. Makanan kaya zat besi





Zat besi adalah nutrisi penting dalam masa kehamilan kamu karena nutrisi ini berfungsi mengirimkan oksigen pada sang bayi. Kekurangan oksigen pada janin dapat berdampak negatif pada IQ sang bayi. Hal ini juga berdampak buruk bagi pertumbuhan sang bayi. Untuk mengetahui kadar zat besi dalam darah kamu bisa meminta bantuan dokter. Makanan yang mengandung zat besi antara lain daging ayam, sereal, kacang-kacangan dan daging sapi tanpa lemak.

5. Protein





Saat hamil, tubuh kamu memerlukan asupan protein lebih untuk membantu perkembangan sel-sel baru dan hormon yang meningkatkan pertumbuhan sang bayi.Setidaknya kamu bisa menambahkan sekitar 10 gr protein setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan protein dari sup kacang, 3 ons daging tanpa lemak, dan juga selai kacang.

Baca: Inilah Do’a Agar Anak Tidak Nakal dan Menjadi Penurut

Memilih makanan yang tepat saat kehamilan sangat berperan bagi pertumbuhan bayi kamu, termasuk mengenai kecerdasan otak.Makanan-makanan di atas bisa jadi pilihan menu kamu selama kehamilan di mana makanan tersebut sangat baik bagi kecerdasan sang bayi.(okezone)

Baca Juga :

Loading...

loading...

Post a Comment